Sukses

Rambut Rontok dan Energi Menurun, Tanda Testosteron Menurun

Namun, seiring bertambahnya usia seorang pria, maka tingkat testosteron mengalami penurunan.

Hormon testosteron yang ada pada tubuh pria dan diproduksi di testis bertanggung jawab atas beberapa fungsi seksual seperti produksi sperma, dorongan seksual, dan ereksi.

Namun, seiring bertambahnya usia seorang pria, maka tingkat testosteron mengalami penurunan. Pria harus tahu bahwa penurunan ini menyebabkan beberapa perubahan fisik dan kesehatan mentalnya.

Berikut ini ada beberapa tanda bahwa testosteron yang ada pada pria mengalami penurunan, seperti dikutip Health Me Up, pada Sabtu (8/2/2014)

1. Rendahnya dorongan seksual

Testosteron memainkan peran penting dalam libido seorang pria. Menurunnya tingkat testosteron akan menyebabkan kurangnya keinginan untuk berhubungan seksual.

2. Disfungsi ereksi

Testosteron juga diketahui berguna untuk merangsang gairah seksual. Tapi, harus diketahui juga bahwa testosteron membantu dalam merangsang ereksi secara tidak langsung.

Caranya, dengan merangsang reseptor otak untuk memproduksi oksida nitrat yang merupakan molekul yang memicu terjadinya ereksi.

3. Produksi sperma rendah

Testosteron juga memengaruhi produksi sperma pada pria. Semakin tinggi tingkat testosteron, semakin bagus pula produksi air maninya.

Maka itu, jika seseorang mengalami penurunan produksi air mani saat ejakulasi, berhati-hatilah.

4. Testis menyusut

Penurunan ini juga memengaruhi testis dan dapat menyebabkan testis menyusut dan menjadi lunak.

5. Energi selalu menurun

Selain kerugian di atas, tingkat testosteron yang mengalami penurunan juga akan menyebabkan seseorang merasa lelah, meskipun pria tersebut memiliki kualitas tidur yang cukup.

6. Rambut rontok

Salah satu fungsi testosteron adalah untuk pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, bila saat pria tumbuh dewasa tapi sudah mengalami kebotakan, hati-hati, itu tanda produksi testosteron mengalami penurunan.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Alasan Pria Tak Telepon Usai Kencan Pertama
Begini Cara Bakar Lemak Membandel di Bokong
Pria `Anak Mama` Dianggap Membosankan Saat Kencan
Berat Badan Turun Saat Pacaran Bisa Rusak Hubungan

Lily Kaget Ternyata Pacar Dunia Mayanya Ayah Mertuanya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini