Sukses

Berat Badan Turun Saat Pacaran Bisa Rusak Hubungan

Ada pasangan yang rela berdiet saat berkencan agar berat badannya turun. Tapi, cara itu tak selalu bagus untuk hubungan Anda.

Tubuh langsing dambaan hampir setiap wanita. Bahkan ada yang rela berdiet saat berkencan agar berat badannya turun. Tapi, cara itu tak selalu bagus untuk hubungan Anda.

Peneliti dari North Carolina State University dan University of Texas di Austin, melakukan survei terhadap 21 pasangan dari seluruh negara. Salah satu  orang mengatakan kepada pasangannya telah kehilangan berat badan 27 kg dalam waktu kurang dari dua tahun.

Pasangan itu kemudian diminta mengisi kuesioner tentang perasaannya pada proses penurunan berat badan dan bagaimana dampaknya ke hubungannya.

"Sebagian besar pasangan mengatakan kepada kami bahwa penurunan berat badan meningkatkan hubungan mereka, yaitu karena mereka merasa lebih nyaman terbuka dengan kebiasaan makan yang sehat," kata pemimpin penulis studi Lynsey Romo, Ph.D., asisten profesor di North Carolina State University.

Namun, tidak semua pasangan senang dengan cara itu. Sebagian melaparkan ada sisi gelap dari diet selama berkencan. "Beberapa dari mereka yang langsing mengatakan bahwa mereka tidak bahagia dengan pasangan mereka karena mereka merasa tak mendapat cukup dukungan," kata Romo seperti dikutip WomensHealthMag, Kamis (31/10/2013).

Menurut Romo, berbeda dengan yang berhasil kurus, beberapa dari mereka yang tak menurunkan berat badan mengatakan benar-benar merasa terancam atau cemburu karena kekuatan hubungan mereka bergeser. "Karena itu mereka mencoba menyabotase hasil baik dari pasangannya," katanya.

Jika Anda memang berniat makan lebih baik dan ingin langsing, pastikan pandangan Anda sama dengan pasangan Anda sejak awal. "Jika kau yang mencoba untuk menurunkan berat badan, beritahukan ke pasangan Anda apa yang Anda butuhkan, apakah itu dalam percakapan harian atau insentif mingguan," kata pakar hubungan Emily Morse.

Jika pasangan Anda ingin melangsingkan badannya, pastikan Anda melakukan hal yang sama. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan tapi pasangan Anda tak mendukung, tak peduli seberapa keras Anda berusaha mengkomunikasikannya dengannya, itu  bukan menjadi alasan Anda untuk meninggalkan niat kesehatan Anda.

(Mel/Abd)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini