Sukses

Hati-hati, Terlalu Lama Duduk dan Diet Buruk Sebabkan Wasir

Wasir tidak hanya disebabkan karena pengonsumsian makana pedas saja, melainkan faktor duduk kelamaan dan pola makan yang buruk.

Liputan6.com, Jakarta Ketika pembuluh darah di area dubur membengkak dan meradang seketika dapat mengkhawatirkan kesehatan tubuh. Gejala umum terjadinya kondisi yang dikenal dengan wasir ini dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Seperti dikutip laman dealwithhemorrhoids.com, ditulis Kamis (19/5/2016) pemicu umum seseorang menderita wasir diakibatkan duduk yang berlebihan yang mengakibatkan stres, diiringi dengan diet yang buruk.

Kebanyakan orang yang bekerja di dalam ruangan, memerlukan waktu duduk lebih lama daripada orang yang bekerja di lapangan. Semua orang yang bekerja dengan posisi duduk terlalu lama akan mendapatkan risiko wasir yang tinggi. Berikut cara tepat untuk mengurangi risiko wasir.

- Membagi waktu duduk dan berdiri

Disarankan untuk setiap pekerja kantor untuk selalu duduk dan meregangkan kaki mereka selama beberapa menit setiap jam. Tetapi waktu beristirahat dan makan siang bukan pula menjadi waktu yang tepat untuk meregangkan kaki. Cobalah untuk sering bangun selama beberapa menit.

- Gunakan bantal

Anda bisa mencoba untuk memasukkan bantal atau menggunakan bantal pada dudukan kursi yang mampu mengurangi stres pada bokong.

- Mengubah diet

Makanan pedas akan menyebabkan wasir dan diare, dengan menghindari makanan tersebut maka akan membantu Anda terjauh dari wasir. Terlebih, serat sangat penting untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi iritasi pada dubur. Anda pun juga harus menjaga diri terhindar dari dehidrasi dengan mengonsumsi air yang cukup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini