Sukses

Kapan Saat Wasir Harus Dioperasi?

Seperti kanker, penanganan wasir atau ambeien pun harus sesuai tingkat (stadium) keparahannya.

Liputan6.com, Jakarta Seperti kanker, penanganan wasir atau ambeien pun harus sesuai tingkat (stadium) keparahannya. Bila masih stadium satu atau dua, pasien hanya diberi obat penghilang nyeri dan gatal.

"Pasien juga dapat merendam bokong kurang lebih 30 menit dengan campuran air hangat dan cairan antiseptik untuk menghilangkan atau mengurangi gatal, nyeri, dan pendarahan," kata Spesialis Bedah dari Pusat Pengobatan Wasir Modern (Rumah Wasir) dr. Panondang, Sp.B dalam diskusi bertajuk `Wasir Tuntas Hanya 15 Menit` di Bekasi ditulis Rabu (8/4/2015).

Beberapa langkah pengobatan bisa dilakukan dengan obat pencahar untuk melunakkan feses, suplemen atau sayuran dan buah yang mengandung banyak serat untuk melancarkan BAB, obat oles yang mengandung anestesi lokal atau steroid yang dapat dimasukkan ke anus untuk menghilangkan nyeri, obat-obatan minum, dan obat untuk mengurangi pendarahan bila perlu.

Panondang menyebutkan, stadium 1 terjadi saat feses keras, sementara stadium 2 muncul saat pembuluh darah yang melebar sudah keluar meski bisa masuk lagi.

Pada penderita wasir stadium 3 saat perlu bantuan dorongan kala BAB dan hemoroid sulit masuk (stadium 4), mau nggak mau wasir harus dibedah. Langkah ini, kata Panondang, harus dilakukan pada pasien yang sudah tidak bisa tertolong dengan bantuan obat apa pun jenisnya.

"Operasi wasir dapat diterapkan bagi jenis hemoroid yang sudah tidak bisa lagi ditangani dengan pengobatan dan pembedahan," kata Panondang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.