Sukses

5 Tanda Anda Menderita Wasir

Bila menemukan ada darah segar di kertas toilet, dalam toilet dan tinja seuai buang air besar (BAB), waspadalah Anda dengan wasir

Liputan6.com, Jakarta Bila menemukan ada darah segar di kertas toilet, dalam toilet dan tinja seuai buang air besar (BAB), waspadalah Anda dengan wasir atau ambeien.

Wasir atau juga hemoroid, kata Spesialis Bedah dari Pusat Pengobatan Wasir Modern (Rumah Wasir), dr. Panondang, Sp. B merupakan gangguan pada anus atau bibir anus akibat pembengkakan yang kadang disertai pendarahan. Kondisi ini jelas membuat penderita tidak nyaman.

"Wasir adalah pelebaran pembuluh vena pleksus hemoroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Tapi, bila kondisi ini menyebabkan timbulnya keluhan atau penyulit, perlu tindakan," kata Panondang dalam diskusi bertajuk `Wasir Tuntas Hanya 15 Menit` di Rumah Wasir, Bekasi, Selasa (7/4/2015)

Anda yang belum paham dengan gejalanya, coba perhatikan lima hal ini ;

1. Rasa panas di anus
Biasanya, rasa panas ini terjadi saat seseorang duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). "Rasa panas yang terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar," kata Panondang.

2. Terdapat darah
Pembesaran pembuluh darah bisa akibat aktivitas mengenjan saat BAB. "Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB," kata Panondang.

3. Adanya tonjolan
Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya, jika sudah mulai ada tonjolan, artinya wasir sudah memasuki tahap lanjutan.

"Bila tonjolan masih dapat dimasukan lagi secara spontan dalam anus, artinya wasir belum terlalu parah, namun sudah harus mendapatkan penanganan segera," kata Panondang menekankan.

4. Muncul rasa sakit
Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi akibat pecahnya pembuluh darah utamanya karena penekanan di feses.

5. Rasa gatal
Rasa gatal ini dipicu infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini