Sukses

7 Cara Kelola Wasir agar Tak Merepotkan

Setidaknya ada tujuh cara mencegah wasir agar tidak terasa menyakitkan dan merepotkan

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya ada tujuh cara mencegah wasir agar tidak terasa menyakitkan dan merepotkan menurut Spesialis Bedah dari Pusat Pengobatan Wasir Modern (Rumah Wasir), dr. Panondang, Sp. B dalam diskusi bertajuk `Wasir Tuntas Hanya 15 Menit` di Rumah Wasir, Bekasi, Selasa (7/4/2015):

1. Penuhi kebutuhan gizi
2. Rutin olahraga
3. Perbanyak konsumsi mineral dan serat.
4. Hindari makanan pedas berlebihan.
5. Minimalisir makanan cepat saji.
6. Jangan duduk terlalu lama
7. Istirahat cukup

Pemenuhan gizi seperti serat dan mineral melancarkan BAB (buang air besar). Feses (kotoran) pun tidak keras, sehingga keluar dengan lancar dan wasir pun tak terganggu. "Makanan seperti hidangan cepat saji, minim sekali serat. Itu yang harus dihindari," kata Panondang.

Duduk terlalu lama pun bisa mengakibatkan wasir. Bila saat duduk bokong terasa panas, itu artinya kita sudah terlalu lama. Karena itu, berdiri dan berjalanlah sejenak agar pantat bisa beristirahat.

Rasa panas di anus, kata Panondang terjadi akibat tertekannya pembuluh vena yang sudah mulai membesar. "Makanya, pas merasa panas atau sebelum merasa panas, bergeraklah dari kursi sebentar saja, agar pembuluh darah lancar," kata dia menerangkan.

Sekali pun rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan minum air putih, risiko pembengkakan anus disertai pendarahan masih mungkin terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini