Sukses

5 Langkah Mudah Pertajam Ingatan

Mulai dari latihan abjad, membaca terbalik hingga mengingat transaksi tagihan telepon bantu Anda pertajam ingatan otak.

Liputan6.com, New York- Seperti tubuh yang butuh olahraga agar bugar, otak pun butuh latihan juga untuk menjaga ingatan tetap tajam. Nah mumpung sedang akhir pekan, lakukan beberapa latihan otak yang memakan waktu singkat.

Latihan otak berikut di desain untuk melatih aspek fungsi kognitif yang berbeda. Lakukan latihan otak berikut beberapa kali seminggu dan Anda bisa melihat peningkatan bertahan kemampuan otak seperti dikutip laman Reader's Digest, Jumat (19/2/2016).

1. Latihan abjad
Ubahlah abjad A - Z menjadi angka 1-26. Kemudian tulislah sebuah kata, kemudian jumlahkan nominalnya. Misalnya: KATA yakni 11+1+20+1=33.

2. Mengingat transaksi tagihan telepon
Coba lihat transaksi telepon Anda bulan lalu, jika tidak ada lihat transaksi internet banking Anda. Coba ingat-ingat kembali setiap transaksi yang Anda buat.

3. Ingat nama guru dan teman SMA
Coba ingat-ingat nama teman dan guru saat sekolah. Lalu coba ingat-ingat kembali apa yang menjadi karakteristik mereka. Akan ada banyak kejutan kenangan saat Anda mengingat-ingat hal ini.

4. Membaca terbalik
Saat membaca buku atau koran, baca dari kata terakhir menuju kata pertama. Lalu, lihat seberapa besar usaha untuk memahami makna berita tersebut.

5. Tes kata
Tantang diri Anda untuk menuliskan kata dengan abjad tertentu dalam dua menit. Misal huruf T, ada kata apa saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.