Sukses

Kepalkan Tangan, Otak pun Makin Tajam dan Encer!

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengingat, ada cara mudah untuk mengatasinya. Cukup dengan mengepalkan tangan saja.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengingat, ada cara mudah untuk mengatasinya. Cukup dengan mengepalkan tangan saja, memori dan ingatan Anda diyakini menjadi lebih tajam.

Sebuah penelitian terbaru dari Montclair State University menyatakan bahwa dengan mengepalkan tangan bagian kanan, sama saja Anda memperkuat memori otak. Sedangkan, jika tangan kiri yang Anda kepalkan, Anda dapat lebih mudah mengingat sesuatu.

"Mengepalkan tangan dapat meningkatkan aktivitas saraf yang ada di lobus frontal belahan kontralateral. Hal itu dapat terjadi karena kepalan tangan akan meningkatkan proses pengolahan yang terjadi pada belahan otak tersebut," ujar para penulis jurnal PLoS ONE, seperti dikutip Medical News Today, Sabtu (31/8/2013).

Untuk membuktikan hal itu, para peneliti melakukan percobaan dengan melibatkan 51 partisipan. Para peserta dibagi menjadi dua bagian yaitu kelompok yang mengepalkan tangan dan kelompok yang tidak mengepalkan kedua tangan ketika melakukan ujian menghapal 72 kata.

Ketika melakukan percobaan, para peserta diminta untuk mengepalkan tangan selama 90 detik sebelum menghapal dan mengingat kata-kata.

Hasil yang didapatkan adalah dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengepalkan kedua tangannya, kelompok yang mengepalkan tangan ketika melakukan ujian bisa menghapalkan lebih banyak kata-kata.

"Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa gerakan tubuh yang sederhana dapat mengubah fungsi otak dalam hal peningkatan cara kerja memori. Kepalan tangan mungkin dapat mengaktifkan daerah tertentu dari otak, khususnya yang terkait dengan pembentukkan memori," terang Ruth Propper, pemimpin dari penelitian tersebut.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini