Sukses

Tiga Profesi Ini Bikin Otak Manusia Tetap Tajam Meski Sudah Uzur

Dokter, pengacara, dan guru merupakan salah tiga dari sekian banyak pekerjaan yang mampu membuat mental dan memori kian tajam saat memasuki

Liputan6.com, Jakarta Dokter, pengacara, dan guru merupakan salah tiga dari sekian banyak pekerjaan yang mampu membuat mental dan memori kian tajam saat memasuki usia 70 tahun. Hasil ini didapat setelah psikolog dari Universitas Edinburgh menguji memori, kemampuan berpikir umum, dan kecepatan dalam memproses mental 1.066 orang.

Menurut para ilmuwan, mereka yang berada pada lingkungan yang melibatkan interaksi dan keterampilan manajemen, dapat merangsang dan melindungi otak dari penuaan.

Dengan melibatkan para responden yang lahir pada 1936 dan telah mengambil bagian dalam Sconttish Mental Survey 1947, para ilmuwan ingin membantu mengidentifikasi sejumlah pekerjaan yang akan membuat memori dan otak semakin jernih dalam berpikir di kemudian hari. 

Salah seorang ilmuwan dari Universitas Edinburgh, Profesor Ian Deary, mengatakan, akan sangat menarik jika melihat temuan baru ini bila ditambahkan sejumlah faktor lain yang akan memberikan sedikit dorongan agar kemampuan berpikir semakin tajam di usia yang lebih tua,"Seperti tidak merokok, menjadi sehat secara fisik dan juga aktif, dan menguasai lebih dari satu bahasa."

Dilansir Daily Mail, Senin (01/12/2014) Profesor James Goodwin dari Charity Age United Kingdom, sekaligus salah seorang yang turut mendanai proyek tersebut juga menjelaskan kalau temuan ini merupakan langkah awal dalam memahami efek dari sejumlah pekerjaan yang dapat memengaruhi kesehatan mental pada usia yang lebih tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.