Sukses

Ini Pemicu Alergi Buah dan Sayur

Salah satunya disebabkan pestisida.

Liputan6.com, New York- Bibir yang menjadi gatal usai mengonsumsi buah atau sayur, bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa studi ungkap alergi bisa terjadi karena adanya paparan pestisida pada buah dan sayur.

Jika memang pestisida pemicunya, memilih buah dan sayur organik menjadi salah satu cara untuk menghindarinya seperti diungkap editor majalah Health, dokter Roshini Raj dikutip Selasa (5/1/2016).

Namun, jika konsumsi organik tidak membantu, bisa jadi Anda memang alergi pada buah dan sayur tersebut. Beberapa orang memiliki oral allergy syndrome, sebuah reaksi tubuh yang disebabkan kandungan protein yang ada pada buah dan sayuran tersebut.

Misalnya pada orang-orang yang memiliki alergi pada serbuk sari bisa bereaksi ketika terpapar buah persik, seledri, atau biji bunga matahari.

Untuk mengetahui buah atau sayur apa yang bisa memicu alergi, tes kulit atau darah bisa dilakukan untuk melihat protein mana yang sebabkan alergi. Sehingga bisa mengetahui buah mana saja yang bisa dihindari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.