Sukses

Aneh, Wanita Ini Selalu Sariawan Kalau Makan Sayur dan Buah

Jenny Eclair tahu betul, sariawan (Aphthous Stomatitis) yang dideritanya semakin aneh jelang usianya 40 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Jenny Eclair tahu betul, sariawan (Aphthous Stomatitis) yang dideritanya semakin aneh jelang usianya 40 tahun. Setiap kali mengonsumsi sayuran atau buah berwarna merah, pasti sariawan muncul dan bertengger di mulutnya dari tiga sampai tujuh hari.

Eclair pun telah berkonsultasi dengan ahli kesehatan, jawabannya sama. Sariawan terjadi karena berbagai alasan, termasuk genetik. Selain itu di awal usia 50 tahun, wanita cenderung mengalami perubahan hormonal sehingga mudah stres atau alergi makanan.

"Anehnya, pola makanan tertentu, seperti buah atau sayuran yang merah memicu sariawan ini. Seperti halnya tomat, kacang merah, serta stroberi dan raspberry, apapun yang merah menyiksa mulut ini," katanya, seperti dimuat Mirror, Sabtu (26/9/2015).

Untuk menjaga kesehatannya, kini Eclair, melakukan Pilates seminggu sekali. "Saya tidak suka gym, latihan cardio atau berjalan."

The British Society of Oral Medicine melaporkan, sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kecenderungan genetik atau kekurangan, zat besi, asam atau vitamin B12, folat, memiliki masalah gigi, mengonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya, pembunuh rasa sakit, beta blocker), ketidakseimbangan hormon (misalnya, siklus menstruasi), dan makanan tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini