Sukses

Tahun Depan, Tenaga Kesehatan Akan Datang ke Rumah-rumah

Pada 2016, tenaga kesehatan akan datang mengunjungi langsung ke rumah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan akan semakin menguatkan program layanan primer seperti Puskesmas. Salah satu cara yang mulai dilakukan pada 2016 adalah dengan membuat tenaga kesehatan berkunjung langsung ke rumah masyarakat.

Menurut Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA, dr Anung Sugihantono, M.Kes, ada 9 provinsi, 64 kabupaten dan 42 Puskesmas diantaranya yang akan menjadi prioritas. Kesembilan provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

"Melalui pendekatan keluarga, tenaga kesehatan tidak lagi menunggu pasien di Puskesmas tapi mereka akan terintregasi dan datang ke rumah-rumah. Dengan begitu, semisal ada orang yang datang dengan TB maka tenaga medis akan mendatangi rumahnya dan dilihat apakah ada bayi atau orang lain yang tertular juga. Jadi bisa mencegah penyakit semakin meluas," kata Anung di sela-sela forum diskusi persiapan SDGs di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Anung menuturkan, pendekatan keluarga ini bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat yang selama ini hanya berobat tanpa memperbaiki pola makan yang sehat, sanitasi yang baik sehingga masing-masing daerah bisa mempertanggungjawabkan kondisi kesehatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini