Sukses

Bayi Kembar di India, Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi

Sepasang bayi kembar non identik di India lahir dengan gigi depan dan gigi bawah.

Liputan6.com, Jakarta Sepasang bayi kembar non-identik di India lahir dengan gigi depan atas dan bawah. Bayi perempuan ini sontak mengejutkan keluarga dan para dokter.

Yang aneh, anak perempuan tersebut tidak kesulitan menyusui sejak lahir. Menurut dokter setempat, kasus ini hanya ada 1 banding 2.000 atau 3.500 kelahiran. Kasus langka inipun masuk ke dalam jurnal medis (BMJ).

"Kasus seperti ini jarang terjadi, kemungkinan ada erupsi gigi pada bulan pertama setelah kelahiran. Namun gigi ini biasanya mudah goyah karena kurangnya struktur akar," kata dokter kepada The Sun, Kamis (24/12/2015).

t

Menurut dokter, gigi ini biasanya dicabut untuk mencegah anak tersedak nantinya. Jenis gigi ini juga bisa melukai lidah mereka saat menyusui, termasuk menyakiti payudara ibunya.

Meski begitu, ibu anak tersebut mengatakan, tidak merasa sakit atau nyeri saat proses menyusui. "Tak ada satupun bayi yang menyebabkan luka akibat tergigit," katanya.

Karena tidak mengganggu, dokter memutuskan untuk mempertahankan gigi natal ini karena ibu merasa tidak ada masalah. Namun apabila mengganggu asupan nutrisi, maka gigi harus dicabut.

"Kedua anak saya kini dapat makan dengan baik dan telah mendapat berat badan sehingga dia tidak terlalu khawatir kekurangan nutrisi," ungkap sang ibu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.