Sukses

Yoga Bisa Perbaiki Kualitas Pasien Kanker Prostat

Sebuah studi kecil yang dilakukan di Amerika menemukan manfaat yoga bagi pasien kanker prostat.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi kecil yang dilakukan di Amerika menemukan manfaat yoga bagi pasien kanker prostat. Menurut ilmuwan, yoga dapat memperkuat otot-otot dasar panggul dan meningkatkan aliran darah, memperbaiki disfungsi ereksi dan inkontinensia urin.

Profesor radiologi onkologi di departemen Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, Dr. Neha Vapiwala mengatakan, banyak pasien kanker mengalami efek samping, termasuk kelelahan, disfungsi ereksi, inkontinensia urin dan penurunan kualitas hidup. Sebanyak 27 pasien inipun disarankan masuk kelas yoga selama 75 menit dua kali seminggu.

"Secara konsisten, yoga menjadikan mereka lebih bugar setelah menjalani terapi kanker," katanya, seperti dimuat laman Everydayhealth, Selasa (24/11/2015).

Selain bermanfaat bagi kesehatan, menurut Vapiwala, ada manfaat psikososial dari yoga. "Yoga menggabungkan latihan fisik dan meditasi yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pasien kanker."

Studi yang dipresentasikan dalam konferensi Society of Integrative Oncology's International di Boston ini rencananya akan diteliti lebih
lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini