Sukses

Yoga Bantu Wanita Cepat Hamil

Sebuah studi menemukan bahwa berlatih yoga selama enam minggu bisa menurunkan tingkat kecemasan bagi perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi menemukan bahwa berlatih yoga selama enam minggu bisa menurunkan tingkat kecemasan bagi perempuan, yakni soal kehamilan yang tak kunjung datang.

Dikutip dari The Telegraph, Kamis (22/10/2015), meluangkan 45 menit waktu untuk berlatih yoga bisa membuat wanita rileks dan meningkatkan kesempatan mereka memiliki bayi. Sementara stres dapat membahayakan kemungkinan wanita untuk hamil.

Studi baru dari Fertility Centre of Illinois dan Rush University Medical Centre memantau 103 pasien program bayi tabung selama enam minggu. Lima puluh empat dari mereka diundang untuk mengambil kelas yoga gaya Vinyasa dan kelompok kontrol yang berjumlah 49 orang tetap menjalani kehidupan seperti biasa.

Hasilnya, dengan berlatih yoga, 54 pasien tersebut bisa menurunkan tingkat kecemasan sebesar 20 persen selama periode tersebut. Bandingkan yang hanya dua persen dari kelompok kontrol.

Dr Jenny Hirshfeld-Cytron dari Fertility Centre of Illinois, penulis dari studi ini mengatakan yoga sudah menunjukkan buktinya sebagai penurun stres pada wanita. 

"Kami telah menunjukkan penurunan kecemasan pasien yang memanfaatkan program yoga," kata Hirshfeld-Cytron.

"Hal ini sangat menarik mengingat bahwa orang lain malah menunjukkan peningkatan statistik dalam kecemasan untuk pasien infertilitas yang menjalani pengobatan infertilitas," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.