Sukses

Setengah Jam Meditasi Tiap Hari dan Lihat Hasilnya

Meditasi yang dilakukan selama setengah jam sehari dapat membantu kaum lanjut usia (lansia) menghilangkan rasa sepi yang kerap mendera.

Liputan6.com, Jakarta Meditasi yang dilakukan selama setengah jam sehari dapat membantu kaum lanjut usia (lansia) menghilangkan rasa sepi yang kerap mendera. Demikian sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity.

Belajar fokus pada masa kini dan tak memikirkan masa lalu atau khawatir tentang masa depan dapat menghentikan munculnya rasa sepi, sendiri, dan tak dicintai. Juru bicara tim peneliti mengatakan bahwa penemuan itu penting terutama untuk lansia.

“Pasangan hidup telah meninggal dan anak-anak sudah hidup sendiri-sendiri membuat hidup lansia makin sepi. Seiring perjalanan waktu, kesepian ini tak hanya menguras psikis, tetapi juga berdampak pada memburuknya kondisi fisik yang serius,” katanya.

Merasa kesepian telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, alzheimer, depresi, dan bahkan kematian dini. Karena itu, pengembangkan pengobatan yang efektif untuk mengurangi kesepian pada lansia penting dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini