Sukses

Ini Dampak Mendengarkan Musik Sebelum Operasi Mata

Kondisi terjaga selama operasi sangat menegangkan bagi pasien, sehingga dokter akan menyarankan pasien mendengar musik yang menenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas mendengarkan musik dianggap sebagai tindakan non-invasif dan metode non-farmakologis murah untuk mengurangi rasa cemas pasien yang akan menjalani operasi mata dengan anestesi lokal.

Kondisi terjaga selama operasi sangat menegangkan bagi pasien, sehingga dokter akan menyarankan pasien mendengar musik yang menenangkan. 

Gilles Guerrier dari Rumah Sakit Universitas Cochin di Prancis mengatakan, temuan menunjukkan terjadi penurunan tingkat kecemasan yang siginifikan pada pasien yang mendengarkan musik dibanding pasien yang diam.

Bahkan, pasien yang mendengarkan musik menerima obat yang tidak banyak selama operasi. Kepuasan setelah operasi meningkat drastis pada kelompok pasien yang mendengarkan musik selama operasi mata.

Gilles percaya, alunan musik yang menenangkan atau musik-musik klasik bernuansa jazz atau instrumental dapat mencegah dan membantu mengatasi rasa sakit, kecemasan, dan depresi.

"Ke depan kami akan melihat efek musik jika diberikan pada pasien ortopedi," kata Gilles dikutip dari Times of India, Senin (30/5/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini