Sukses

Musik dan Suara Ibu Sumber Ketenangan Anak

Anak mendapatkan rasa tenang yang pengaruhi detak jantung mereka, sehingga musik menjadi sumber kenyamanan.

Liputan6.com, Jakarta Hasil penelitian yang dilakukan Great Ormond Street Hospital, London menemukan adanya efek baik dibalik musik untuk kesehatan anak.

Anak yang mendengarkan musik atau nyanyian mendapatkan efek ketenangan bagi dirinya. Peneliti menilik sebanyak 37 pasien di Great Ormond Street Hospital - dengan usia di bawah tiga tahun yang miliki masalah jantung dan pernapasan.

Melansir laman Telegraph, ditulis Rabu (2/3/2016) peneliti melakukan tiga sesi selama 10 menit untuk para pasien mendengarkan lantunan lagu pengantar tidur. Peneliti menemukan adanya penurunan yang signifikan dalam denyut jantung dan tingkat rasa sakit di akhir sesi - setelah pasien mendengarkan musik.

William James, seorang filsuf menjelaskan, saat lagu pengantar tidur diputar, anak mendapatkan rasa tenang yang pengaruhi detak jantung mereka, sehingga musik menjadi sumber kenyamanan.

Sebuah lagu bukan satu-satunya sumber kenyamanan yang didapatkan oleh anak - studi lain menunjukkan faktor suara sang ibu telah terbukti mampu menenangkan anak.

Tim Griffiths, seorang ahli saraf dari Wellcome Trust, mengatakan, "Ada bagian dari otak dalam yaitu sistem limbik yang bertanggung jawab untuk merespon emosional musik," ungkap Griffiths.

Menurut Griffiths ada bagian emosional otak yang dirangsang oleh musik dan dapat mengurangi tingkat respon rasa sakit pada anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.