Sukses

Cara Temukan Karakter Suara Sendiri Menurut Doddy Katamsi

Beginilah cara menemukan karakter suara milik sendiri

Liputan6.com, Jakarta Doddy Katamsi adalah guru vokal kenamaan yang kerap dianggap "dokter" oleh para musisi tanah air setiap kali mengalami gangguan suara. Doddy menilai seorang penyanyi dapat dikatakan bersuara bagus bila ia memiliki karakter yang unik, bukan mampu menggapai nada-nada tinggi.

Bicara masalah suara, sebenarnya, butuh waktu berapa agar seseorang menyadari bahwa ia memiliki suara yang berkarakter?

"Sebetulnya sadar diri. Terkadang ada orang yang sadar diri (memiliki suara yang berkarakter) ada juga yang perlu dimentorin. Ya, karena memang terkadang ada orang-orang yang butuh dimentorin untuk mengetahui karakter suaranya," kata Doddy kepada Health Liputan6.com ditulis Selasa (26/4/2016). 

Menurut Doddy Katamsi, salah satu musisi yang menyadari bahwa ia memiliki suara berkarakter dan uni adalah Glenn Fredly. Dari awal karakter suaranya seperti itu saja, tidak ada yang berubah.

"Glenn itu tipikal musisi yang dianugerahi Tuhan suara berkarakter. Ada juga musisi yang perlu digali padahal dia punya potensi tapi dia tidak mengerti," kata Doddy.

Dibutuhkan waktu berapa lama untuk mengasah suara tersebut sampai benar-benar menemukan karakternya, tidak bisa diprediksi. Mereka yang benar-benar punya talenta hanya butuh waktu dua bulan. Sementara yang belajar dari nol, butuh waktu lebih dari enam bulan.

"Dua bulan kalau dia memang punya talenta suara bagus," kata Doddy Katamsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.