Sukses

Studi Ungkap Kepribadian Manusia Lewat Suara

Sebuah studi ungkap kekuatan suara yang mampu tunjukkan kepribadian seseorang

Liputan6.com, Jakarta Sering kali sejumlah orang terkecoh akan suara yang didengar lewat saluran telepon dan menilai pribadi individu tanpa bertatap muka terlebih dahulu. 

Menurut penelitian baru dari Nottingham Trent University, orang mampu memperkirakan keadaan seseorang hanya lewat suara - seperti misalnya tentang kesehatan, tinggi, dan usia seseorang.

Dilansir dari laman Real Simple, Jumat (26/2/2016) penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychology, menunjukkan 47 orang dengan gambar wajah sebagai subjek, serta rekaman suara 18 orang dengan keadaan peserta tidak saling tahu satu sama lainnya.

Setiap suara dan wajah kemudian dinilai oleh masing-masing individu dengan katagori feminin atau maskulin, sehat dan tidak sehat, pendek atau tinggi, kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, serta usia.

Para peserta memberikan penilaian yang seimbang antara maskulin dan feminin. Hasil dari penelitian selama empat tahun menunjukkan 60 persen kecocokan antara suara dan gambar. Peneliti berasumsi adanya pengaruh evolusioner di balik penemuan ini, adanya kesamaan hasil secara kebetulan.

Harriet Smith, peneliti dari studi ini mengatakan adanya karakteristik dan kualitas subyek mempengaruhi kesamaan hasil penelitian pada peserta, yang membuat seseorang mampu berikan penilaian dengan cepat terhadap orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.