Sukses

Ingin Langsing? Dengarkan Suara Kunyahan Makanan Anda

Suara dari makanan yang kita kunyah rupanya dapat membantu mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Suara dari makanan yang kita kunyah rupanya dapat membantu mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Sekaligus membantu kita menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal.

Itulah sebabnya jika ingin makan lebih sedikit, matikan radio atau televisi yang sedang ditonton sebelum kita menuju ke meja makan.

"Jika orang lebih terfokus pada suara makanan membantu mereka menyantap makanan tidak terlalu banyak," kata Ryan Elder, salah satu peneliti dari Universitas Bringham Young di Utah, Amerika Serikat, dikutip dari Times of India, Minggu (20/3/2016).

Para peneliti terlebih dulu melakukan tiga percobaan terpisah untuk melihat efek dari arti pentingnya makanan sehat sebelum mempublikasikan penelitian ini ke dalam Journal Food Quality and Preference.

Dalam satu penelitian, para peneliti menemukan orang makan lebih sedikit ketika mereka dalam keadaan tenang. Namun, pada kelompok yang diketahui makan paling banyak, berasal dari sekumpulan orang-orang yang mendengarkan musik keras selama mereka makan.

"Ketika Anda makan sambil menonton televisi atau mendengar suara yang keras, salah satu dari indera yang ada di tubuh memaksa kita untuk makan lebih banyak dari biasanya," kata Ryan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini