Sukses

Ini Dampak bagi Bayi dari Ibu yang Merokok Saat Hamil

Dampak buruk merokok mungkin tidak terjadi pada Anda, tapi buah hati Anda di kemudian hari.

Liputan6.com, New York- Dampak buruk ibu merokok juga bisa menimpa anak-anaknya. Studi dari Australia menemukan orang usia paruh baya yang memiliki ibu perokok berisiko memiliki masalah pernapasan.

Peneliti menemukan anak dari ibu perokok, saat mereka dewasa cenderung tiga kali lipat lebih berisiko terkena penyakit paru obstruktif kronik dibandingkan anak dari ibu bukan perokok.

"Temuan kami menunjukkan kebiasaan ibu merokok terkait dengan fungsi paru-paru anak yang berkurang ketika menginjak usia paruh baya," terang pemimpin penelitian Allergy and Lung Health Unit, Centre for Epidemiology and Biostatistics, The University of Melbourne, Australia, Jennifer Peret.

Jika ibu merokok pada saat hamil, hal tersebut bisa membuat paru-paru bayi yang dikandungnya lebih kecil. Ketika ukurannya lebih kecil, fungsi paru-paru jadi tidak maksimal seperti diungkapkan profesor asal Manchester University, Inggris, Jorgen Vestbo yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Ketika perokok pasif terpapar asap rokok hal tersebut membuat iritasi dan peradangan pada saluran udara. Sehingga jika terus-menerus seperti itu membuat saluran udara mereka kecil dan kaku," tambah Vestbo seperti dikutip laman Fox News, Minggu (20/3/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.