Sukses

Miris Lihat Rupa Janin Bayi dari Ibu yang Merokok

Penelitian kecil dilakukan di Inggris mengungkap foto janin dari ibu yang merokok menggunakan USG 4 Dimensi. Hasilnya, cukup miris.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin telah banyak penelitian yang menyebut ancaman kesehatan bagi perokok yang hamil dan banyak yang tidak peduli. Kali ini sebuah penelitian kecil dilakukan di Inggris mengungkap foto janin dari ibu yang merokok menggunakan USG 4 Dimensi. Hasilnya, cukup miris.

Dibanding dengan foto USG dari ibu yang sehat, Dr. Nadja Reissland dari Durham University mengatakan, risiko penyakit pada janin sudah mulai terlihat seperti misalnya masalah pernapasan, lahir prematur hingga kematian dalam kandungan.

"Kami merekam ribuan gerakan kecil dalam rahim 20 ibu. Empat ibu diantaranya, rata-rata merokok 14 batang sehari," kata Nadja, seperti dikutip Mirror, Selasa (24/3/2015).

Nadja mengungkapkan bagaimana penelitian mendeteksi janin selama 24, 28, 32 dan 36 minggu. "Janin dari ibu yang merokok lebih sering menyentuh mulutnya dibandingan janin ibu yang non perokok. Pergerakan foetus atau janin menunjukkan bayi dari perokok juga kemungkinan memiliki keterlambatan perkembangan saraf."

Penelitian yang diterbitkan dalam  jurnal Acta Paediatrica ini juga rencananya akan kembali dibuktikan melalui penelitian besar untuk menyelidiki lebih lanjut efek dari merokok dan stres.

Profesor Brian Francis, dari Lancaster University menambahkan, foto ini adalah bukti dari efek negatif merokok pada kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.