Sukses

Trik Mengajak Anak Suka Makanan Sehat

Mengajak anak mengonsumsi makanan sehat bukan perihal yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Mengajak anak mengonsumsi makanan sehat bukan perihal yang mudah. Biasanya kebiasaan di dalam keluarga atau lingkungan memengaruhi si kecil untuk menjadi picky eater (pemilih).

Psikolog anak, Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi mengatakan, membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan yang kaya gizi memang menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Karena kebanyakan anak memiliki stigma makanan atau cemilan sehat memiliki rasa yang tidak enak.

"Orangtua kadang memaksa anaknya untuk makan tanpa memikirkan dampak mental yang dapat terjadi. Misalnya ketakutan atau punya persepsi negatif pada makanan sehat karena dipaksa," katanya, melalui siaran pers pada kegiatan talkshow dan story telling mengenai 'Dunia Cita Rasa Anak’ di Jakarta Kids Festival 2016, Minggu (13/3/2016).

Untuk itu, kata Itabiliana, ada cara yang bisa orang tua lakukan agar anak mau kompromi, yaitu negosiasi, tetapkan aturan, contoh ‘one bite rule’ dan berikan pengetahun nutrisi pada anak.

"Dalam upaya membiasakan konsumsi makanan sehat dan bergizi, orangtua perlu mendekatkan diri secara khusus terhadap anak­anaknya, antara lain memberikan pengertian akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat, dan dampak yang terjadi bila kita kekurangan gizi seimbang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini