Sukses

Perhatikan Hal Ini Agar Anak Tak Gampang Rewel

probiotik atau bakteri baik memegang peranan penting agar anak tidak mudah rewel.

Liputan6.com, Jakarta Sistem pencernaan yang baik merupakan salah satu faktor penting bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia dan aktif. Dalam hal ini, probiotik atau bakteri baik memegang peranan penting agar anak tidak mudah rewel. Lantas probiotik seperti apa yang baik untuk anak-anak?

Menurut pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc, saluran cerna bisa berkomunikasi dengan sistem saraf pusat di otak sehingga jika dia memiliki masalah maka anak jadi tidak bahagia.

"Usus sehat tidak akan membuatnya menangis. Sebaliknya, pencernaan bermasalah akan membuat anak susah buang air besar, sakit perut dan diare," katanya saat ditemui di acara Kebahagiaan Keluarga, Penentu Karakter dan Tumbuh Kembang Anak Nestle Lactogrow, Senin (29/2/2016).

Saptawati menuturkan, agar saluran cerna anak sehat, yang harus dipenuhi bukan hanya nutrisi yang lengkap tapi juga probiotik. "Saluran cerna mungkin terlihat kecil tapi bila dikeluarkan dari perut besarnya bisa seluas lapangan tenis karena itu sistem kekebalan tubuh kita. Nah, probiotik menjaga itu semua."

"Bakteri baik seperti Lactobacillus reuteri merupakan makanan probiotik yang penting. Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun secara mental dan sosial. Saluran cerna yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tetapi juga kondisi psikologis anak dan orangtua," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini