Sukses

Konsumsi Almond Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi sejumlah kacang almond setiap hari bisa membantu diet pada orang dewasa dan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi sejumlah kacang almond setiap hari bisa membantu diet pada orang dewasa dan anak-anak, demikian hasil penelitian sebuah studi terbaru.

"Almond merupakan sumber protein nabati yang baik, lemak jenuh esensial, vitamin E dan magnesium," ujar salah satu peneliti, Alyssa Burns dari University of Florida, Amerika Serikat.

Ya, selain meningkatkan energi, almond juga bisa membantu Anda mengurangi beberapa kilo bobot tubuh. Seperti yang telah disebutkan, almond kaya akan nutrisi seperti vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Almond juga mengandung zinc, selenium, tembaga, dan niacin. Dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, almond adalah kacang yang paling kaya nutrisi dan komponen menguntungkan lainnya. 

Penelitian yang dilakukan selama 14 minggu ini melibatkan 29 pasang orangtua dan anak-anak yang mengonsumsi almond setiap hari. Sebagian besar orang dewasa yang terlibat dalam penelitian adalah para ibu dengan usia rata-rata 35 tahun. Sementara usia anak-anak mereka berkisar antara 3 hingga 6 tahun.

Peneliti menggunakan catatan diet untuk mengetahui makanan apa saja yang dimakan oleh para orangtua dan berapa jumlah asupannya. Dengan demikian peneliti bisa mengukur kualitas diet mereka, jelas Burns, dilansir dari laman Medindia, Rabu (23/12/2015).

Para peneliti menyimpulkan studi mereka melalui asupan diet para partisipan dengan menggunakan Healthy Eating Index (HEI), sebuah alat untuk mengukur kualitas dan ketaan diet pada panduan makan 2010 Dietary Guidelines for Americans.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Research ini mengindikasikan jika orangtua dan anak mengonsumsi almond, HEI mereka meningkat untuk jumlah total makanan berprotein, seafood, dan protein nabati serta asam lemak, sementara mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini