Sukses

Cara Sederhana Atasi Gangguan Kesuburan

Gangguan kesuburan dapat diatasi dengan menghentikan sejumlah kebiasaan buruk.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kebanyakan kasus, gangguan kesuburan atau infertilitas dapat diobati dengan obat-obatan kimia dan juga obat-obatan alami yang dapat diracik sendiri. Namun, Dr Smita Naram, MD dari Ayushakti Ayurved mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan untuk menyembuhkan kondisi itu adalah menghentikan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan.

Misalnya dengan berhenti merokok, kontrol berat badan, mengendalikan stres, hentikan kebiasaan minum alkohol, dan usahakan seminim mungkin terpapar polusi. Bila sejumlah kondisi itu tidak dapat dihindari benar, seorang pria dapat menghindari makanan yang mengandung tepung putih halus, makanan digoreng, makanan pedas, dan daging merah karena semua itu menghasilkan `racun` yang memblokir pembuluh darah hingga menyebabkan infertilitas.

"Selain itu, jangan menyimpan ponsel di saku celana, terlebih berdekatan dengan testis, karena penelitian telah menyimpulkan dapat memengaruhi sperma pria," kata Smita dikutip Health Me Up, Rabu (22/4/2015)

Pemakaian celana ketat dan berbahan nilon pun harus dihindari, karena menghasilkan panas yang secara bertahap membunuh dan mengurangi jumlah sperma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.