Sukses

4 Cara Cegah Infertilitas pada Pria

Tak hanya saat dewasa, mencegah infertilitas pada pria dilakukan sejak dini bahkan dari lahir.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 10 persen pasangan suami istri di dunia mengalami ketidaksuburan atau infertilitas sehingga tak bisa memiliki buah hati. Faktor penyebab tak hanya dari sang perempuan atau istri, dalam berbagai kasus kaum pria sebagai suami yang ternyata yang jadi penyebab gagalnya dapatkan buah hati.

Mencegah infertilitas bukan hanya dilakukan sudah dewasa maupun menikah namun sejak lahir. Ahli andrologi dari RSIA Budhi Jaya, Dr. dr. Indra Gusti Mansur, DHES, Sp.And dalam kesempatan seminar "Cara Tepat, Cepat Hamil" di Jakarta pada Sabtu (4/10/2014) berbagi cara cegah infertilitas pada pria, diantaranya dengan:

1. Pelihara kesehatan organ reproduksi sejak lahir hingga dewasa. Jangan lupa terapkan gaya hidup sehat seperti makan sehat, rutin berolahraga.

2. Cegah hadirnya infeksi dengan menjaga kebersihan organ reproduksi.

3. Menghindari konsumsi makanan yang menyebabkan kerusakan sel germinal dan menghambat spermatogenesis.

4. Hindari paparan listrik tegangan tinggi, zat radio aktif, zat toksik dan zat lain yang berbahaya terhadap organ reproduksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.