Sukses

Puluhan Tahun Tak Hamil? Coba Cara Ini!

Maka itu, Dr. Rita Bakshi pun membagikan tips bagi wanita untuk meningkatkan kesuburan yang dimilikinya.

Menikah sudah puluhan tahun, tapi belum juga dikaruniai momongan? Menurut Spesialis Kandungan Senior sekaligus ketua International Fertility Centre di India, Dr. Rita Bakshi, bisa jadi wanita tersebut mengalami masalah terkait kesuburannya.

Maka itu, Dr. Rita Bakshi pun membagikan tips bagi wanita untuk meningkatkan kesuburan. Seperti dikutip laman Health Me Up, Kamis (2/1/2013), berikut beberapa tips yang mungkin membantu dari Dr. Rita :

1. Cek pola hidup

Apa yang Anda makan dan Anda kerjakan adalah apa yang Anda dapatkan sekarang ini. Dikatakan Rita, bisa jadi kesuburan Anda saat ini dipengaruhi oleh makanan dan pola hidup yang Anda lakukan.

Untuk itu, makanlah dengan benar, tetap rutin berolahraga, dan menjaga stres Anda sendiri, jika memang ingin hamil.

2. Makanan sehat


Jika Anda ingin hamil, asuplah makanan sehat dan lakukan diet seimbang. Hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memerhatikan sarapan. Sebab, bila Anda rutin sarapan maka dapat mengontrol kadar gula Anda. Jangan lupa, masukkan asam lemak omega-3 dalam diet Anda.

3. Konsumsi suplemen

Meski sudah rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar, Anda juga disarankan mengonsumsi suplemen. Sebelumnya, konsultasilah ke dokter kandungan lebih dahulu, agar Anda tak salah dalam memilih suplemen tersebut.

4. Hindari kafein dan alkohol

Jika ingin hamil dan kebutulan Anda adalah peminum, coba kurangi kebiasaan buruk tersebut. Gantilah jenis minuman dengan rutin mengonsumsi air putih. Jika memang bosan, Anda juga dapat menggantinya dengan meminum segelas jus buah segar.

5. Jaga berat badan


Sangat penting menjaga berat badan bila ingin hamil. Bila Anda kegemukan atau obesitas, kurangilah terlebih dulu berat badan Anda. Jadikan aktivitas fisik sebagai kegiatan rutin agar Anda meraih berat badan yang diinginkan.

6. Kurangi asupan makanan berlemak


Biasanya wanita senang sekali mengonsumsi makan cepat saji. Untuk itu, ubahlah kebiasaan tersebut sejak sekarang, dengan lebih rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

(Adt/Abd)

Baca juga:
Cara Miliki Berat Badan Ideal Selama Hamil
Indahnya Lihat Balerina Masih Menari di Usia 9 Bulan Kehamilan
Ahli Kesehatan Amerika Sibuk Debatkan Manfaat Susu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini