Sukses

Kenapa Toilet Mesti Berleher Angsa?

Sistem pembuangan pada toilet memiliki bentuk seperti leher angsa atau huruf S yang memiliki tujuan tertentu. Untuk apa?

Saluran pembuangan pada toilet kebanyakan menggunakan sistem leher angsa atau huruf S, Kenapa yah?. Ternyata hal tersebut bukanlah desain asal buat melainkan ada maksud tertentu yang fungsinya untuk menjaga toilet tetap bersih.

"Kebanyakan kan toilet atau wastafel itu sistem pembuangannya berleher angsa hal itu punya tujuan bukan asal saja bentuknya leher angsa," kata Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso saat ditemui dalam acara Gerakan Higienis Domestos di Mango Tree Bistro, Jakarta, ditulis Senin (9/12/2013).

Menurut Naning, sistem pembuangan leher angsa agar tinja tidak langsung jatuh ke lubang penampungan kotoran. "Leher angsa di lubang pembuangannya (lubang berbentuk melengkung ke kanan lalu ke kiri semakin dalam). Hal ini secara tak langsung menghalangi mikroba dan bakteri yang keluar dari tinja karena bentuk "leher angsa" tadi," kata Naning.

Selain,  juga agar bakteri yang ada pada septic tank tidak keluar dan mencemari toilet. "Kalau tidak berbentuk itu nanti bakteri dari kotoran keluar dari septic tank dan dikhawatirkan hinggap di handuk atau bahkan kelamin dan nanti menimbulkan berbagai penyakit," ujar Naning.

(Mia/Abd)

Baca Juga:

Toilet Kering Harus Jadi Kebiasaan

3 Syarat Standar Toilet Higienis
Tisu Seperti Apa yang Cocok untuk Toilet?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.