Sukses

4 Makanan Hebat Pencegah Pilek

Agar tidak jatuh sakit, memperbaiki asupan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh jadi jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum pilek mendera, biasanya beberapa hari sebelumnya tubuh sudah memberi kode. Agar tidak jatuh sakit, memperbaiki asupan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh jadi jawabannya.

Menurut pakar nutrisi, Brigitte Zeitlin ada empat makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menurunkan risiko kena pilek. Dalam blog pribadinya, Zeitlin memaparkan makanan tersebut seperti dikutip Jumat (31/3/2017).

1. Telur

Saat tubuh kekurangan zat besi, sel-sel imunitas tubuh menurun. Dan telur merupakan makanan kaya zat besi. "Anda bisa mengonsumsi telur rebus sebagai salah satu menu sarapan," saran Zeitlin.

2. Ubi jalar

Makanan yang satu ini kaya dengan vitamin A yang membantu menstimulasi antibodi serta melawan infeksi. Selain ubi jalar, makanan kaya vitamin A lainnya adalah paprika.

3. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini dikenal sebagai antivirus dan antibakteri karena mengandung komponen bernama allium sativum. Mengonsumsi bawang putih mentah, misalnya ditambahkan pada salad buah atau sayuran bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Jamur

Jamur merupakan salah satu makanan hebat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mampu menurunkan tingkat peradangan yang sedang terjadi. Selain itu, jamur merupakan sumber selenium yang dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Jika mengonsumsi jamur dan makanan di atas dalam sajian makan Anda, kemungkinan pilek datang rendah.

https://www.vidio.com/live/5001-31-mar-20-00-live-streaming-malam-grand-final-putri-indonesia-2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini