Sukses

Sering Cemas, Makanlah Alpukat

Tak hanya memiliki banyak nutrisi untuk tubuh, alpukat bisa membantu Anda mengatasi cemas.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan dari kita secara otomatis menuju lemari pendingin untuk mencari sesuatu saat merasa cemas, sedih, atau stres. Namun suatu penelitian terbaru mengindikasikan, ada beberapa makanan yang benar-benar bisa meredakan gejala-gejala kecemasan, seperti misalnya alpukat.

Dr. Uma Naidoo menulis dalam Harvard Health, seperti dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (6/12/2016), selain menjalankan pola hidup sehat, mengurangi alkohol dan kafein, masih banyak asupan-asupan lain yang bisa membantu Anda meredakan cemas

Naidoo mengungkapkan, karbohidrat kompleks akan dicerna secara lebih lambat oleh tubuh. Hal ini akan membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah lebih seimbang, yang kemudian bisa membuat Anda merasa lebih tenang. 

Untuk menjaga gaya hidup sehat sekaligus membantu melawan gejala cemas, Naidoo merekomendasikan untuk mengikuti pola ini: 

1.Tingkatkan asupan magnesium

Masukan magnesium dalam diet harian dengan mengkonsumsi daun hijau, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

Pada tikus, diet yang rendah magnesium menyebabkan peningkatan perilaku yang berkaitan dengan kecemasan. Artinya pola makan tinggi magnesium memberikan dampak yang lebih baik pada tubuh.

2. Konsumsi makanan yang kaya zinc 

Ini berarti Anda harus lebih sering mengkonsumsi makanan seperti tiram, kacang mete, hati, daging sapi, dan kuning telur.

3. Lebih sering makan ikan

Sebuah studi 2011 yang dilakukan oleh mahasiswa kesehatan meneguhkan hubungan antara omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti Salmon Alaska dan pengurangan kecemasan.

4. Penuhi kebutuhan probiotik

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Psychiatry Research menyatakan bahwa makanan probiotik seperti acar, dan kefir bisa membantu menurunkan kecemasan sosial.

5. Jadikan alpukat sebagai gaya hidup

Alpukat mempunyai begitu banyak manfaat. Makanan yang kaya akan vitamin B seperti alpukat dan almond dapat membantu melepaskan neurotransmitter seperti serotonin dan dopamine. Aliran serotonin dan dopamine bisa mengurangi rasa cemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.