Sukses

Jelang Menstruasi Wanita Lebih Doyan Makan, Kenapa?

Ini alasanya mengapa jelang menstruasi banyak wanita yang mendadak jadi lebih doyan makan daripada hari biasanya.

Liputan6.com, Jakarta Jelang menstruasi, hormon memang sangat mempengaruhi semua perubahan yang terjadi pada wanita, termasuk perubahan pola makan yang mendadak meningkat.

Jamé Heskett, MD, penulis of The Well Path menjelaskan bahwa selama ovulasi yang terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi, rupanya tubuh wanita akan mengalami peningkatan nafsu makan.

Hal tersebut dipengaruhi oleh estrogen dan progesteron meningkat serta memicu respons kelaparan berlebih. Selain itu, tingkat metabolisme basal tubuh (energi yang diperlukan oleh tubuh) akan berjalan lebih cepat, sebelum dan selama menstruasi.

Gerardo Bustillo, gelar MD, obgyn di Orange Coast Memorial Medical Center, mengatakan saat menstruasi kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak, sekitar 100-300 kalori per hari. "Hal ini yang membuat Anda merasa selalu lapar."

Heskett menyarankan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi selama menstruasi, sebab makanan tersebut akan membantu kinerja otak dan tubuh berjalan lebih baik. Dikutip dari laman Greatist, ditulis Senin (10/10/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini