Sukses

Apa yang Sebabkan Kulit di Sudut Bibir Kering?

Kenali penyebab dan penanganan kulit kering di pinggir bibir

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka dengan tampilan kulit kering? Tentu tak satupun orang menginginkannya. Kulit yang kering cenderung menunjukkan individu yang tidak bersih dan tidak memerhatikan kesehatan kulitnya.

Bahkan kulit kering bukan hanya mengancam sekitar tangan, kaki, atau tubuh saja. Melainkan dapat juga mengintai bagian sudut bibir Anda, apa penyebabnya?

Mengutip laman Live Strong, ditulis Selasa (4/10/2016) rupanya penyebab dari kulit kering di sudut bibir bisa disebabkan oleh suhu udara, alergi pasta gigi, iritasi akibat buah jeruk, dan efek samping dari obat alergi.

Menurut NetDoctor, kulit kering di pinggir bibir dapat semakin parah jika individu sengaja menjilati bibir akibat air liur yang mengandung enzim. Audrey Kunin, seorang dermatologis di Derma Doctor menganjurkan untuk menggunakan produk pelembab bibir (lip balm) yang dapat meringankan kekeringan.

Namun jika kulit kering di bibir disertai dengan kondisi berdarah dan membengkak sebaiknya segera periksakan dan dapatkan antibiotik dari dokter. Mungkin saja bibir Anda terpapar bakteri yang merusak kondisi kulit di sekitar bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.