Sukses

3 Tahapan Munculnya Kanker

Menurut dr. Elisna Syahruddin, Sp.P(K). Ph.D, manusia terserang kanker secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta Kanker adalah penyakit gen yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel yang tidak normal, dan dapat menginvasi jaringan tubuh di sekitarnya. Menurut dr. Elisna Syahruddin, Sp.P(K). Ph.D, manusia terserang kanker secara bertahap.

"Kanker itu datang tidak secara tiba-tiba, tetapi secara bertahap," ujar dr. Elisna, di acara Basic Knowledge of Oncology: Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Penyakit Kanker, di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Lebih lanjut dr. Elisna menjelaskan proses terjadinya sel kanker di tubuh manusia berlangsung lama yaitu 10-20 tahun melalui beberapa tahapan yang disebut dengan karsinogesis. Tahapan tersebut yaitu:

1. Inisiasi

Tahap awal terjadinya perubahan genetik dalam sel somatik. Melalui proses mutasi, dan masuk dalam mekanisme, perkembangan sel jadi tidak normal. "Tahap inisiasi sel yang tidak normal tersebut masih bisa di hentikan, dan balik ke normal," ujar dr. Elisna.

2. Promosi

Tahap ini merupakan perkembangan awal sel yang terinisiasi, membentuk klon melalui pembelahan, dan berinteraksi melalui komunikasi antar sel. "Pada tahap promosi, sel yang tidak normal masih bisa dihentikan, tapi tidak bisa balik normal," lanjutnya.

3. Progresi 

Ditahap ini terjadi instabilitas genetik yang menyebabkan perubahan mutagenik, dan epigenetik. "Sedangkan di tahap progresi kanker muncul," tambahnya.

Pada sebagian orang, tahapan inisial dan promosi tak bisa dihentikan dan terus berlanjut hingga mereka terdiagnosis penyakit kanker, dan bisa menyebabkan kematian. Namun dengan mengendalikan faktor-faktor risiko, kanker dapat dicegah hingga lebih dari 40 persen.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.