Sukses

Ini Bedanya Manfaat Menyusui Langsung dengan Pemberian ASI Perah

Ternyata manfaat menyusui langsung dengan memberi ASI perah berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) adalah satu jenis makanan pertama bayi yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi-sosial, maupun spiritualnya. Pemberian ASI sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Namun, ternyata manfaat menyusui langsung dengan memberi ASI perah berbeda.

"Menyusui tidak sama dengan (memberi) ASI perah walaupun itu adalah ASI-nya sendiri," ujar Dr. Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, FABM dari Sentra Laktasi Indonesia (SELASI), saat acara "Workshop Peningkatan Kualitas Menyusui Menuju Pembangunan Berkelanjutan" di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Rabu (10/8/2016).

Ia menambahkan, "ASI sebagai nutrisi mengandung mikrobiom (sel-sel hidup) yang bersifat proteksi atau melindungi tubuh dari berbagai risiko gangguan kesehatan."

Menyusui dalam konteks sentuhan fisik, ternyata memiliki efek yang lebih dahsyat karena akan berdampak positif pada sifat kasih sayang, rasa percaya diri, ikatan batin, dan pengendalian emosi antara ibu dan bayi.

Selain itu, menyusui dengan kontak langsung kulit ibu dan anak akan mempengaruhi perilaku pengasuhan ibu, serta ikatan batin ibu-anak yang membentuk empati maternal lebih kuat.

Inilah keajaiban menyusui yang tidak tergantikan. Selain itu, menyusui menyelamatkan masa depan anak-anak bangsa kita dari kebodohan, penyakit, kemiskinan, dan perilaku menyimpang yang merugikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini