Sukses

Tahapan yang Perlu Dilewati Tim Nusantara Sehat

Untuk menjadi bagian dari program Nusantara Sehat oleh Kementerian Kesehatan peserta harus melewati sejumlah tahap seleksi.

Liputan6.com, Jakarta Usia muda menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi diri dan mencapai cita-cita yang telah diinginkan. Namun untuk mencapai hasil yang diimpikan dibutuhkan usaha yang kuat dan juga semangat yang tinggi.

Seperti halnya yang terjadi oleh para peserta tim Nusantara Sehat (NS). Untuk terpilih menjadi peserta tim NS yang akan ditugaskan ke sejumlah daerah di Indonesia mereka perlu melewati tahap seleksi terlebih dahulu.

Dari sebanyak 1.124 peserta yang mengikuti seleksi, hanya ada 194 tenaga kesehatan muda yang terpilih untuk ditugaskan ke daerah terpencil atau sangat terpencil di Indonesia. Mereka terdiri dari 4 dokter, 9 dokter gigi, 28 perawat, 42 bidan, 14 tenaga kesehatan masyarakat, 17 tenaga kesehatan lingkungan, 22 analisis laboratorium, 31 tenaga gizi, dan 27 kefarmasian.

Program milik Kementerian Kesehatan ini pun membutuhkan beberapa proses pelaksanaan program dengan melakukan lima tahap kepada peserta tim NS yaitu, dengan melakukan survei dan penentuan lokasi, seleksi on line dan direct assessment, pelatihan pembekalan peserta sebelum keberangkatan, penempatan, dan monitoring serta evaluasi. Evaluasi ini sendiri terdiri dari evaluasi tengah tahun penempatan, masa transisi, dan orientasi masa penugasan.

Penempatan tim NS yang merupakan bagian dari Program Indonesia Sehat ini merupakan rangka penguat pelayanan kesehatan di daerah terpencil, sangat terpencil dan perbatasan di Indonesia. Terdapat pula tiga pilar yang diteguhkan dalam pelaksanaan prorgram Nusantara Sehat yaitu, 1) mewujudkan paradigma sehat, 2) penguatan pelayanan kesehatan, dan 3) jaminan kesehatan nasional (JKN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.