Sukses

2 Aspek yang Harus Diperhatikan Saat Anak Sekolah di Luar Negeri

Orangtua tidak perlu tabu dan malu membahas masalah seksual kepada anak di usia yang relatif kecil

Liputan6.com, Jakarta Praktisi Kesehatan yang baru saja meluncurkan satu buku mengenai pendidikan seks usia dini, Dr Sonia Wibisono mengatakan, orangtua tidak perlu tabu dan malu membahas masalah seksual kepada anak di usia yang relatif kecil. Tindakan kecil itu bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual pada anak, yang menurut dia, semakin tahun jumlah kasusnya semakin tinggi dan menakutkan saja.

"Pendidikan seks sejak dini bisa menjadi alat proteksi untuk anak. Anak menjadi tahu bagian tubuh mana saja yang boleh disentuh atau tidak. Dan siapa saja yang boleh menyentuhnya," kataSonia ditulis Rabu (20/4/2016). 

Bagi orangtua yang anaknya bakal melanjutkan pendidikan di luar negeri, lanjut Sonia, perlu memberikan pendidikan seks dan juga pendidikan moral. "Dua aspek ini penting sekali diperhatikan," kata Sonia.

Pada anak laki-laki, jangan sampai berbuat hal-hal yang belum patut dilakukan yang akan membuat malu keluarga. Perlu hati-hati juga, kata Sonia, banyak sekali perempuan agresif yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan kebahagian dari laki-laki yang begitu ia cintai.

"Perempuan sekarang agresif. Hati-hati, nanti tahu-tahu mengaku hamil padahal enggak, biar dinikahi," kata SOnia.

Maka itu beri penjelasan mengenai gender, fungsi organ reproduksi, dan bagaimana cara memelihara kesehatannya kepada anak sejak usia dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.