Sukses

Orangtua Kini Bisa Sontek Pendidikan Seks dari Ahlinya

Boyke Dian Nugraha dan Sonia Wibisono, menulis satu buku berjudul "Adik Bayi Datang Dari Mana? A--Z Pendidikan Seks Usia Dini"

Liputan6.com, Jakarta Dua orang dokter dari bidang yang berbeda, Boyke Dian Nugraha dan Sonia Wibisono, menulis satu buku berjudul "Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini". Buku 72 halaman terbitan Naura berisi panduan dan tips lengkap agar orangtua tidak malu lagi memberi pendidikan seksual ke si Kecil yang disesuaikan dengan usia dan tumbuh kembang.

"Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak terlalu ilmiah, tidak menggurui, dan ditambah dengan gambar-gambar yang membuat anak tertarik dan mudah memahami isinya," kata dr Boyke, seorang ginekolog dan konsultan seks yang berkecimpung di dunia hiburan di acara peluncuran buku tersebut di Hotel Gran Mahakam, Selasa (19/4/2016).

Pendidikan seks, jelas Boyke, harus diberikan sejak dini. Sebab, angka-angka menunjukkan semakin banyak saja pelecehan seksual pada anak yang terungkap, terutama di daerah-daerah dan pedalaman.

"Dengan buku ini diharapkan para ibu di daerah tidak malu lagi memberikan pendidikan seks kepada anak. Tidak perlu repot pergi ke dokter hanya untuk membicarakan topik ini. Dengan membaca buku ini, orangtua bisa menjadi pendidik seks," dr Boyke.

"Dengan harga 54ribu rupiah, bisa menyelamatkan anak dari pelecehan seksual yang kebanyakan kasus pelaku adalah orang terdekat," ujar dr Boyke menambahkan.

Ia melanjutkan agar tidak perlu malu menyebut alat kelamin laki-laki dan perempuan dengan nama sebenarnya. Bukan burung, bukan juga dompet. Jangan takut dianggap berlebihan ketika memberi paduan dan pengetahuan tentang seks ke anak, karena yang namanya ilmu tidak mengenal istilah.

"Sebut saja penis dan vagina," kata Boyke yang memberikan pendidikan seks untuk pertama kali saat sang anak mengalami menstruasi. Tak tanggung-tanggung, Boyke memberikan semua pemahaman mengenai proses terjadinya menstruasi sampai masalah persalinan.

Menurut Boyke, kalau sampai usia sekolah si Kecil belum juga bertanya apa pun, orangtualah yang harus aktif memberikan penjelasan langsung. Namun, kalau anak mendadak bertanya "Adik bayi datang dari mana?", "Kok kucing begitu?", ajak langsung mereka membicarakan hal tersebut.

Buku "Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini" yang baru akan keluar di toko buku pada Kamis atau Jumat ini, berisi banyak materi yang mungkin selama ini sulit untuk dijelaskan para orangtua, seperti "Apa beda laki-laki dan perempuan", "Bolehkah mandi bareng?", atau "Mimpi basah apa, sih?".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini