Sukses

Safeea Ahmad Siap Jadi Seorang Kakak

Persiapan orangtua menjelang kelahiran calon bayi kedua harus maksimal, sebab anak harus dipersiapkan mentalnya untuk menjadi calon kakak

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak yang mendadak menjadi seorang kakak membutuhkan pendekatan yang ekstra, apalagi jika sang anak sudah terbiasa jadi anak bungsu, dan memiliki jarak usia yang cukup jauh dengan kelahiran adiknya, seperti yang terjadi dengan Safeea Ahmad.

Anak perempuan satu-satunya Ahmad Dhani ini akan menjadi seorang kakak, sebab kini Mulan Jameela tengah hamil tujuh bulan dan Mulan mengaku tak kesulitan mempersiapkan mental Safeea yang mendadak jadi kakak.

"Justru kalau Feea udah ngerti banget, dia udah siap banget, dia udah bener-bener nunggu kelahiran adiknya, Malah dia suka ngomong ke aku 'Bun ayo dong berapa hari lagi lahir?'" kata Mulan kepada Health-Liputan6.com, ditulis Jumat (8/4/2016).

Secara psikologis, anak yang terbiasa mendapatkan perhatian lebih seperti Safeea mungkin membutuhkan komunikasi khusus untuk memberi pengertian bahwa ia akan memiliki adik baru.

Mengutip laman kidshealth.org, ada beberapa tahapan persiapan yang perlu dilakukan para orangtua untuk mengomunikasikan perannya menjadi kakak kepada sang anak.

Selain komunikasi orangtua pun bisa memberikan dorongan kepada sang calon kakak, untuk menarik perhatian mereka dengan cara berikut:

- Berikan hasil foto dari USG janin setiap kali Anda melakukan pemeriksaan. Langkah ini akan efektif untuk memperkenalkan pada anak seperti apa calon adiknya nanti.

- Memberikan buku-buku bacaan seputar persalinan yang sesuai dengan usia si calon kakak.

- Seringlah mengunjungi kerabat yang memiliki bayi, agar anak terbiasa bermain dengan anak yang lebih kecil darinya.

- Memikirkan nama untuk calon adik bersama si kecil.

- Ajak anak ke dokter setiap kali Anda memeriksakan kandungan, lalu dengarkan detak jantung janin sang adik kepada si calon kakak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.