Sukses

Apa Kata Psikolog: Apa Tandanya Anak Sudah Siap Jadi Kakak?

Ada beberapa ciri dan tanda yang bisa orangtua ketahui saat seorang anak sudah siap menjadi kakak.

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya tidak ada usia pasti menurut penelitian yang bisa menjamin seorang anak sudah siap menjadi kakak. Tapi hal ini bukan berarti orangtua tidak bisa mengetahui kesiapan anak mereka untuk memiliki seorang adik. Menurut psikolog dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami, ada beberapa ciri-ciri yang menandakan kesiapan mentalnya menjadi kakak.

Tanda yang paling jelas, menurut Fathya, adalah kemandirian anak. Jika dia sudah bisa melakukan hal-hal kecil sendiri dan tak selalu bergantung pada orangtua atau pengasuh, ini adalah tanda positif kesiapannya. Begitu juga dengan ketertarikan dan emosi positif yang dia miliki ketika membicarakan tentang kemungkinan memiliki adik.

Untuk mengetahui ciri-ciri kesiapan seorang anak menjadi kakak, simak Apa Kata Psikolog edisi Kamis (7/4/2016) berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.