Sukses

Melihat Foto Pemandangan Ternyata Bermanfaat

Individu yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan cenderung lebih bahagia dan sehat ketimbang yang berada di dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Individu yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan cenderung lebih bahagia dan sehat ketimbang mereka yang berada di dalam ruangan. Anda tentu pernah mendengar pernyataan itu bukan?

Namun, adakah bedanya bila kita benar-benar berada di luar ruangan dengan hanya berpura-pura di luar ruangan?

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Environment Research and Public Health, melihat foto pemandangan hijau juga memberi dampak kesehatan, terutama mengurangi stres.

Dalam studi tersebut sekelompok mahasiswa diperlihatkan sejumlah foto pada layar komputer. Sebagian dari mereka ditunjukkan foto pemandangan urban dengan gedung-gedung tinggi serta mobil-mobil yang terparkir. Sementara separuh lainnya melihat foto jalanan sepi yang dikelilingi pohon.

Setelah itu para mahasiswa diminta menyelesaikan tugas matematika yang rumit. Peneliti menemukan, mahasiswa yang diperlihatkan pemandangan pohon memiliki detak jantung yang rendah dan lebih bisa mengatasi stres akibat soal yang sulit tersebut, dikutip dari laman Purewow, Kamis (7/4/2016).

Jadi, bila Anda merasa stres di kantor, tak ada salahnya untuk berselancar sejenak melihat-lihat foto pemandangan alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.