Sukses

Matahari Pagi Bisa Turunkan Berat Badan

Cukup sekitar 20-30 menit beraktivitas di bawah sinar matahari pagi, berat badan Anda bisa berkurang.

Liputan6.com, New York- Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, jangan malas untuk bangun pagi. Tenang, bukan meminta Anda untuk berolahraga, melainkan biarkan tubuh terkena pancaran sinar mentari pagi.

Hanya dengan bangun pagi kemudian sekitar 20-30 menit beraktivitas di bawah terkena sinar matahari di bawah pukul 09.00 bisa menurunkan berat badan seperti diungkapkan dalam Jurnal PLOS ONE. 

Peneliti mengetahui hal ini setelah melakukan penelitian terhadap 54 partisipan dengan usia rata-rata 30 tahun. Selama tujuh hari mereka menggunakan alat monitor untuk mengetahui paparan sinar mentari pagi. Selain itu, asupan makanan juga dicatat.

Ternyata usai tujuh hari, mereka yang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pagi lebih banyak lebih memiliki indeks massa tubuh dibandingkan mereka yang lebih sedikit terkena pancaran sinar matahari seperti dikutip laman Women's Health, Senin (14/3/2016).

Menurut peneliti, mengawali hari dengan terpapar sinar matahari membantu jam biologis tubuh sehingga saat malam tiba tidur lebih nyenyak. Orang yang memiliki jadwal tidur teratur metabolisme tubuhnya berjalan dengan baik yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini