Sukses

7 Cara Sederhana Cegah Perut Kembung

Anda bisa meredakan perut kembung dengan beberapa cara alami

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung bisa disebabkan oleh bermacam faktor, mulai dari makan terlalu cepat, mengosumsi makanan tertentu, hingga kebiasaan minum minuman alkohol atau bersoda.

Perut kembung terjadi karena gas berlebih di dalam perut dan biasanya bukan masalah serius. Namun Anda perlumewaspadainya jika perut kembung berlangsung berhari-hari.

Anda bisa meredakan perut kembung dengan beberapa cara alami, berikut tujuh cara yang bisa Anda terapkan, dilansir dari laman Purewow, Senin (4/4/2016):

1. Semangka

Mengonsumsi buah seperti semangka, nanas, dan blewah bisa mencegah kembung. Buah-buahan tersebut mengandung banyak air dan kadar potasium cukup tinggi.

2. Sering minum air

Minum air dalam jumlah kecil namun sering lebih baik ketimbang menahan diri dari minum lalu menenggak air dalam jumlah besar sekaligus. Menahan untuk tak minum selama berjam-jam bisa mengejutkan sistem tubuh.

3. Makan dalam porsi kecil

Begitu pula dengan pola makan. Mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering bisa mengontrol gula darah dan mengurangi kembung.

4. Isap permen

Mengunyah permen karet menyebabkan udara banyak masuk ke perut sehingga berujung pada kembung. Ketimbang mengunyah permen karet, lebih baik Anda mengisap permen bebas gula lain.

5. Minum kopi hitam

Kopi hitam yang mengandung kafein membantu usus berkontraksi dan membuang kotoran.

6. Buang air kecil

Mengonsumsi jus cranberry bisa membantu melancarkan pipis karena bersifat diuretik. Ini artinya Anda juga terhindar dari kembung.

7. Bergerak

Perbaiki sirkulasi darah dengan bergerak. Bahkan gerakan kecil seperti berjalan bisa membantu melancarkan peredaran darah dan membuat Anda terhindar dari kembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.