Sukses

Catat 9 Makanan Pemicu Kembung

Para ahli menyatakan ada beberapa makanan sehat yang menyebabkan perut kembung.

Liputan6.com, Jakarta Kembung adalah masalah umum yang bisa dialami siapa pun. Faktanya hampir 60 persen orang di seluruh dunia
menghadapi masalah ini hanya karena makanan yang dikonsumsi.

Seperti dikutip Boldsky, Minggu 8 November 2015, bila Anda tidak memiliki tiga unsur dalam diet harian, yakni protein, vitamin, dan nutrisi maka perut Anda cenderung penuh dengan gas. Kembung ini juga dapat membuat tidak nyaman dan sering menyebabkan diare, mual dan cegukan dan masalah kesehatan kecil lainnya. Untuk itu, penting memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Masalahnya, para ahli menyatakan ada beberapa makanan sehat yang menyebabkan perut kembung. Misalnya, kacang-kacangan, gandum, minuman soda, produk susu yang jumlahnya perlu dikurangi. Alasannya, karena makanan ini memiliki sifat Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols (FODMAP) atau secara sederhana merupakan gula yang ditemukan dalam makanan tertentu, yang dapat menyebabkan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau kembung pada beberapa orang.

Berikut 9 makanan yang dapat memicu kembung tersebut:

1. Kacang

Orang-orang yang tidak terbiasa mengonsumsi terlalu banyak serat harus menghindari konsumsi kacang setiap hari. Semua jenis kacang mengandung FODMAPs yang menyebabkan kembung. Tapi merendam lentil dalam air hangat sebelum dimasak dapat mengurangi masalah.

Namun perlu dicatat, kacang-kacangan cenderung mudah dicerna dan difermentasi oleh bakteri usus dalam usus besar. Hal ini menyebabkan pembentukan gas dalam perut Anda yang menyebabkan kembung.

2. Gandum

Orang yang sensitif terhadap gluten juga sebaiknya tidak mengonsumsi gandum karena menyebabkan kembung, sakit perut dan diare.

3. Soda

Soda mengandung karbon dioksida dan gas yang menyebabkan kembung.

4. Sayuran

Sayuran seperti brokoli, bayam, kangkung mengandung FODMAPs, karbohidrat yang menghasilkan gas dalam perut. Meskipun sayuran ini kaya akan vitamin K, kalsium, dan zat besi, semestinya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

5. Barley

Hampir semua sereal gandum sehat. Tapi, jika barley dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan perut kembung karena tinggi serat.

6. Bawang

Bawang adalah sayuran utama yang ditambahkan ke hampir semua makanan. Namun, bahan makanan ini disebut fructans, sumber makanan larut yang dapat menyebabkan kembung dan gas dalam perut.

7. Apel

Apel mengandung dua penyebab kembung, yaitu fruktosa dan kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi apel hanya sekali dalam seminggu dan minum setidaknya dua gelas air setelah konsumsi akan mengurangi kembung.

8. Produk susu

Susu dan olahannya seperti keju, susu, paneer, yoghurt, mentega juga dapat menyebabkan kembung, khususnya pada penderita laktosa intolerance.

9. Bawang putih

Bawang putih dianggap sebagai sayuran sehat. Namun sayuran ini mengandung FODMAPs juga yang dapat menyebabkan perut kembung. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini