Sukses

Badan Langsing Tanpa Perlu Menahan Lapar

Inilah cara agar berat badan cepat turun tanpa harus menahan lapar

Liputan6.com, Jakarta Meski diet ketat dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tapi menahan lapar karena takut gemuk berisiko Anda kehilangan massa otot juga. Semakin rendah massa otot, semakin lambat metabolisme Anda.

Sebetulnya Anda tidak perlu takut untuk menyantap makanan bila memang sedang lapar. Anda harus mengetahui terlebih dulu berapa kalori dari makanan yang Anda santap itu. Ketika jumlah kalori yang masuk dalam sehari tidak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan, Anda tidak akan mengalami kenaikan berat badan. 

"Jika ingin kehilangan 1 kilogram, Anda perlu membuat defisit kalori 770 (lebih rendah dari kebutuhan kalori sehari-hari). Jadi, ketika Anda makan dan jumlah kalorinya paling banyak 1.000, Anda masih bisa mempertahankan berat badan," kata Profesional Kebugaran, Sapna Vyas Patel dikutip Times of India, Jumat (19/2/2016). Sebab, kebutuhan kalori masing-masing orang di atas 1.500.

Supaya tubuh mendapatkan kalori sesuai defosit tersebut, anutlah pola makan seimbang. Pilihlah makanan yang baik dan benar-benar diperlukan tubuh. Jangan lupa menyantap buah dan sayuran yang mengandung serat, air, vitamin, dan mineral.

Minum 3 sampai 4 liter cairan per hari atau kurang namun diimbangi dengan menyantap dua sampai tiga porsi buah. Protein juga harus cukup tanpa menghindari karbohidrat dan lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.