Sukses

Tips Membagi Waktu untuk Ibu Bekerja

Meski terkesan tak cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semua tugas, selalu ada cara buat membagi waktu pekerjaan dan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ibu bekerja, membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga memerlukan usaha ekstra, bahkan bagi mereka yang telah terbiasa bekerja efisien dan fokus sekali pun.

Meski tampaknya tak cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semua tugas, selalu ada cara untuk mengatasinya. 

Charles Duhigg, penulis "Smarter, Faster, Better - The Secrets of Being Productive in Life and Business" membagi tiga tips untuk menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan keluarga melalui laman Today, Jumat (11/3/2016):

1. Tulis daftar kegiatan

Daftar kegiatan akan membantu Anda lebih teratur dan fokus. Duhigg menyarankan untuk menuliskan tujuan utama di halaman paling depan atau di daftar paling atas sehingga Anda tidak akan melewatkannya. Tapi pastikan untuk memasukkan kegiatan-kegiatan kecil atau sederhana lainnya juga.

2. Bantu diri tetap termotivasi

Sangat mudah untuk tetap fokus ketika menyelesaikan tugas yang memang ingin Anda selesaika. Tapi bagaimana dengan tugas yang tak terlalu Anda sukai? Usahakan untuk tak melihat daftar tugas itu sebagai daftar panjang yang wajib dilakukan. Sebaliknya, lihatlah daftar tersebut sebagai pilihan. Motivasi sangat ditentukan oleh sikap Anda.

3. Temukan fokus

Putuskan bagaimana Anda ingin menjalani hari lalu bayangkan Anda menyelesaikan semua tugas dengan baik dan cepat. Ciptakan bayangan tersebut dalam benak. Semakin jelas yang Anda bayangkan, akan semakin mungkin hal itu dicapai. Dengan begitu, Anda sebagai ibu bekerja jadi lebih mungkin untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga dengan lebih baik lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.