Sukses

Studi: Ibu Bekerja, Anak Lebih Pintar dan Mandiri

Ibu bekerja ternyata lebih baik dalam mendidik anak-anaknya, khususnya anak perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua ibu bekerja pasti merasa kehilangan momen kehidupan anak-anak. Namun apa daya, kadang tak semua ibu beruntung bisa menghidupi anaknya. Tapi jangan bersedih, di balik itu semua ternyata ada hikmah yang mendalam.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard Business School, ibu bekerja ternyata lebih baik dalam mendidik anak-anaknya, khususnya anak perempuan.

Harvard menganalisis data dari International Social Survey Programme di 24 negara antara tahun 2002 dan 2012. Dalam makalah dikatakan, 4,5 persen ibu bekerja bakal memiliki anak perempuan yang lebih pintar. Juga, 33 persen ibu memiliki anak perempuan yang dapat diandalkan alias mandiri.

"Kami mengira penelitian ini dapat mempengaruhi kinerja ibu. Tapi hasilnya justru begitu menenangkan orangtua," kata Profesor Kathleen McGinn, seperti dikutip Yourtango, Senin (29/6/2015).

McGinn juga mengatakan, anak-anak dari ibu bekerja cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat anggota keluarga lain dan melakukan tugas-tugas rumah tangga lebih baik ketimbang mereka yang memiliki ibu yang tidak bekerja.

"Terlepas dari rasa bersalah itu, Anda ternyata bisa membesarkan anak-anak dengan sangat baik, dan mereka tidak akan seperti ini jika bukan karena Anda," tukas McGinn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.