Sukses

Temukan Manfaat Makan Cokelat di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta Cokelat merupakan makanan paling populer sejak kecil ini ternyata miliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, seperti mampu bantu turunkan berat badan hingga berikan tampilan kulit nan sehat.

Mengonsumsi cokelat dengan takaran yang cukup sambil memperhatikan waktu konsumsinya diyakini beri manfaat kesehatan yang lebih lagi.

Mengutip laman Total Health Magazine, ditulis Rabu (09/3/2016) kandungan dari cokelat seperti antioksidan dan flavonoid berikan perlindungan tubuh yang sehat saat mengonsumsinya di pagi hari. Pada waktu ini tubuh memerlukan keseimbangan produksi darah yang lebih dan cokelat tawarkan ragam manfaatnya.

Ini alasan kenapa ada baiknya mengonsumsi cokelat di pagi hari:

- Hindari risiko stroke

Lima tahun lalu sebuah studi di Swedia menemukan wanita yang makan lebih dari 45 gram cokelat selama seminggu, menunjukkan 20 persen risiko stroke lebih rendah dibandingkan wanita yang konsumsi cokelat kurang dari 9 gram per harinya.

- Tingkatkan kesehatan jantung

Konsumsi cokelat dengan takaran berimbang mampu menurunkan tekanan darah tinggi juga risiko penurunan kolesterol - yang baik untuk kesehatan jantung manusia. Terutama cokelat hitam yang miliki sifat inflamasi dalam memerangi penyakit jantung.

- Mengenyangkan

Menurut Dr David Katz, pendiri Yale University's Prevention Research Center, orang yang mengonsumsi cokelat sebagai makanan pada umumnya dan bukan dijadikan makanan ringan atau cemilan - akan membantu tubuh berada pada kondisi kenyang.

Penuturan Katz diperkuat oleh satu studi yang dilakukan University of Copenhagen bahwa cokelat mampu mengurangi keinginan seseorang untuk konsumsi makanan manis, asin, atau berlemak.

Dengan mengonsumsinya di pagi hari, cokelat memperkecil keinginan Anda untuk mencemil makanan manis atau tidak sehat pada siang atau sore hari.

- Tingkatkan suasana hati

Rasa manis dari cokelat diyakini dapat menyenangkan orang yang mengonsumsinya hingga mengurangi rasa stres. Mengonsumsi cokelat di pagi hari akan meringankan beban pikiran dan mengusir stres sehingga Anda lebih semangat jalani hari.

- Meningkatkan aliran darah

Cocoa memiliki sifat anti penyumbatan yang berfungsi sebagai pengencer darah yang bekerja menyerupai aspirin. Dr Fitzgerald dari Amerika pun menuturkan kandungan dari cokelat mampu meningkatkan aliran darah hingga sirkulasi darah.

Lancarnya aliran darah akan membuat tubuh Anda terasa lebih bugar.

- Meningkatkan IQ dan metabolisme

Aliran darah yang menuju ke otak berikan kekuatan otak manusia lebih baik sehingga mampu melakukan hal-hal sekaligus atau multitasking.

Flavanoid dalam cokelat berperan untuk mendukung sel dan metabolisme pada otak lewat antioksidan yang mendukung penyebabnya inflamasi (peradangan terhadap reaksi tubuh) hingga kerusakan tubuh lainnya.

Dengan mengonsumsinya di pagi hari, metabolisme tubuh Anda akan jadi lebih lancar sepanjang hari. Jadi, tak ada lagi rasa kembung yang akan mengganggu aktivitas Anda seharian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini