Sukses

5 Cara Kembali Tidur Setelah Terbangun Tengah Malam

Kadang untuk jatuh tertidur saja sudah cukup sulit, apalagi saat harus tidur kembali setelah tidak sengaja terjaga di tengah malam.

Liputan6.com, Jakarta Kadang untuk jatuh tertidur saja sudah cukup sulit, apalagi saat harus tidur kembali setelah tidak sengaja terjaga di tengah malam.

Entah karena Anda mengalami mimpi buruk, atau tak bisa berhenti mengkhawatirkan acara esok harinya, penting bagi Anda untuk bisa kembali tidur.

Namun sayangnya, berusaha untuk kembali tidur malah seringnya membuat Anda terjaga lebih lama.

"Orang yang berjuang melawan insomnia atau sering terbangun saat tidur malam disebabkan oleh banyak faktor," ujar psikoterapis berlisensi dan ahli kebugaran Denise Limongello pada Bustle, yang dikutip Senin (7/3/2016).

"Penelitian menunjukkan, kebiasaan tidur bisa jadi dipengaruhi oleh faktor fisik dan mental. Meningkatnya kadar kekhawatiran, yang bisa menyebabkan rasa gelisah berlebihan, sering kali dilaporkan sebagai penyebab tidur buruk dan terbangun yang sering."

Terjaga di tengah malam sebenarnya adalah sesuatu yang umum. Yang jadi masalah adalah ketika Anda kesulitan untuk kembali tidur. Lain kali Anda terbangun tengah malam, lakukan lima hal ini: 

1. Turunkan suhu

"Studi menunjukkan, orang lebih gampang tertidur pada suhu yang lebih dingin, dan sering terbangun di malam hari karena kepanasan," ujar Limongello.

"Jika Anda terbangun, menurunkan suhu ruangan bisa membantu Anda kembali tidur." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin daftar dan hindari cahaya

2. Bikin daftar kegiatan

Kegelisahan sering kali jadi penyebab Anda terbangun di malam hari. Jadi, mengelola kegelisahan ini bisa membuat Anda tenang dan kembali tidur.

"Memiliki daftar kegiatan bisa jadi cara yang baik untuk mengatur tugas harian dan menyingkirkan kegelisahan yang disebabkan oleh tekanan karena harus mengingat semua yang harus Anda lakukan dalam satu hari," kata Limongello.

3. Makan cemilan tengah malam

"Orang sering terbangun di tengah malam karena lapar," kata Limongello. "Jika Anda makan malam terlalu sore, Anda bisa terbangun karena merasa lapar algi. Makanlah makan malam Anda lebih dekat ke waktu tidur dibanding biasanya. Atau bangunlah dan menikmati cemilan tengah malam untuk memuaskan rasa lapar. Dengan begini Anda bisa segera kembali tidur."

4. Hindari cahaya

Anda mungkin akan tergoda untuk menyalakan lampu, tapi melakukannya akan mengacaukan ritme tidur tubuh. Tubuh kita mengartikan cahaya sebagai tanda untuk terjaga, jadi jika Anda harus bangun, gunakanlah lampu tidur atau senter untuk membantu Anda bergerak.

5. Jangan merasa tertekan

"Orang yang mengalami insomnia atau sering terbangun di sering menempatkan tekanan pada diri mereka untuk segera kembali tidur. Hal ini bsia meningkatkan kadar kekhawatiran dan frustrasi Anda," kata Limongello.

"Rasa gelisah yang meningkat akan semakin membuat Anda sulit tidur. Cobalah untuk berbaring dengan tenang di kasur sambil beristirahat. Bahkan jika hal ini tidak berhasil membuat Anda segera tertidur, hal ini bisa membantu Anda lebih santai dibanding berbaring dengan gelisah semalaman."

Tips ini bisa membantu Anda kembali tidur nyenyak. Namun jika Anda terus menerus terbangun di malam hari, sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini